ROAD ACCIDENT RESCUE (RAR), STRUCTURAL FIRE FIGHTING (SFF), & WATER RESCUE (WTR)

AWP_7275

1st SUMATERA FIRE & RESCUE CHALLENGE (SFRC)

Selasa (21/2/2023), merupakan hari ketiga kegiatan 1st SFRC 2024. Pada hari ini, menjadi challenge hari kedua setelah hari sebelumnya dilaksanakan challenge Firefighter Competency Test. Sementara itu, challenge hari ini meliputi Road Accident Rescue (RAR), Structural Fire Fighting (SFF), & challenge Water Rescue (WTR).

Untuk memastikan kesiapan seluruhnya, dilakukan persiapan Props. dan TEA Challenge di area Museum Batubara PTBA. Secara bersamaan dilakukan juga persiapan pameran TEA dari sponsor 1st SFRC dan UMKM Binaan PTBA di area parkir Gedung Theater Museum Batubara PTBA.

Pada rangkaian apel pagi, dilakukan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) / pemakaian atribut seluruh badan oleh seluruh Tim Peserta. Pada waktu yang sama, terdapat pemeran dari sponsor dan UMKM yang cukup banyak dan memanjakan mata. Tim peserta ataupun tamu yang datang dapat mengelilingi area tersebut dan menikmati penawaran dari setiap stand yang diberikan.

Ketiga challenge dilaksanakan bersamaan dan berlokasi di area challenge masing-masing. Dengan urutan sesuai nomor undian. Road Accident Rescue (RAR) merupakan upaya penyelamatan yang dilakukan setelah kecelakaan jalan raya untuk menyelamatkan korban dan mengatasi situasi darurat. RAR melibatkan tindakan penyelamatan yang cepat dan terkoordinasi untuk membantu korban yang terjebak di dalam kendaraan yang rusak atau terguling akibat kecelakaan lalu lintas. Challenge Scenario pada Road Accident Rescue (RAR) yaitu 1 – 2 orang sebagai korban, 1 orang korban disimulasikan terperangkap oleh prop atau cidera, kemudian dilakukan perawatan kecideraan dengan melibatkan satu atau beberapa kendaraan ditambah props.

Structural Fire Fighting (SFF) merupakan upaya penanganan kebakaran yang ditujukan untuk melawan dan memadamkan kebakaran di dalam bangunan atau struktur tertentu. SFF ini melibatkan tindakan pemadaman api, evakuasi orang-orang yang berada di dalam bangunan, dan perlindungan terhadap properti yang terancam oleh kebakaran. Challenge Scenario SFF yang dilakukan yaitu Seorang karyawan menginformasikan petugas Fire & Emergency Service melalui Radio Handy Talky bahwa telah terjadi kebakaran pada salah satu bangunan tempat dia bekerja. Informasi tambahan asap terlihat keluar dari celah pintu salah satu ruangan rekan kerja nya. Dia berusaha membuka pintu namun pintu bersuhu panas dan terkunci. Dalam beberapa saat pelapor tidak bisa dihubungi atau hilang kontak.

Sementara itu, challenge terakhir pada challenge hari kedua yaitu Water Rescue (WTR). Water Rescue adalah kegiatan pertolongan atau penyelamatan serta cara pemindahan korban dari perairan seperti kolam, sungai, dan laut. Challenge scenario WTR yaitu Salah seorang pekerja (Spv. Sump) melaporkan bahwa ada 2 orang petugas melakukan pemeriksaan Pompa yang bermasalah di Sump Batubara dengan  menggunakan Perahu karet (PK). Pada saat bersamaan terjadi hujan dan angin puting beliung, menyebabkan PK yang digunakan tebalik. Satu orang terlihat berpegangan di PK dan satu orang tidak terlihat terjebak dalam perahu yang terbalik.

Ketiga challenge telah dilaksanakan dengan lancar dan meriah. Tim Peserta dan observer kembali ke Mess Hall Hotel Saka untuk istirahat dan menyiapkan stamina untuk bertanding pada challenge selanjutnya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Open chat
Halo Indonesia Fire and Rescue Challenge
Saya butuh bantuan informasi, apakah bisa dibantu ?
-
Akun Resmi IFRC
Indonesia Fire and Rescue Challenge
www.ifrcofficial.com