FIREFIGHTER FITNESS DRILL (FFD) & FIREFIGHTER COMBAT CHALLENGE (FCC)

image-5

1st SUMATERA FIRE & RESCUE CHALLENGE (SFRC)

Agenda pada hari Rabu, (21/2/2024) terdapat dua challenge yaitu Firefighter Fitness Drill (FFFD) & Firefighter Combat Challenge (FCC). Kelima belas Tim Peserta akan menunjukkan aksi terbaiknya pada challenge kali ini.

Untuk memastikan kesiapan seluruhnya, dilakukan persiapan Props. dan TEA Challenge #05 – Firefighter Fitness Drill (FFD) – Warrior / Firefighter Combat Challenge (FCC). Secara bersamaan dilakukan juga persiapan pameran TEA dari sponsor 1st SFRC dan UMKM Binaan PTBA di area Botanical Garden Batubara PTBA.

Dimulai dengan apel pagi, peserta diberikan arahan untuk mempersiapkan fisik, mental, dan stamina yang baik. Dikarenakan pada challenge ini memiliki load yang cukup berat dan sangat membutuhkan persiapan. Namun, terlihat pada raut wajah yang menggambarkan semangat yang menggebu sehingga yakin seluruh Tim Peserta dapat menyelesaikan challenge dengan maksimal.

Firefighter Fitness Drill (FFD) bertujuan menguji tingkat kebugaran serta kekuatan fisik rescue, menguji kemampuan fundamental para rescuer dalam hal: STRENGTH, SPEED, ENDURANCE, FLEXIBILITY & BALANCE, refreshment kepada seluruh tim di penghujung Lomba dengan prinsip sportif dan aman. 3S –  SAFE,  SPEED, SPORTIVE, dan menentukan tim TERKUAT- TERLINCAH dan TERCEPAT.

FCC menampilkan serangkaian tantangan fisik yang mensimulasikan situasi kebakaran dan tugas-tugas yang harus dihadapi oleh petugas pemadam kebakaran dalam keadaan nyata.

Dengan rangkaian challenge yang cukup menantang, Tim Perserta wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap saat melakukan aktivitas swimming dan climbing. Seperti helm, baju renang, booties untuk swimming dan helm, baju tim, dan sepatu panjat untuk climbing.

Selain APD, aspek safety yang perlu diperhatikan lainnya yaitu masing-masing pos akan diawasi oleh satu juri atau lebih untuk memastikan rintangan yang dilalui aman, juri akan menghentikan kegiatan yang dilakukan oleh peserta tim jika terdapat Tindakan Tidak Aman (TTA) dan Kondisi Tidak Aman (KTA). Tim dapat melanjutkan kembali jika TTA dan KTA sudah diperbaiki atau sudah mendapat arahan dari juri untuk dilanjutkan, Tim Peserta akan didiskualifikasi jika mengetahui menggunakan doping atau obat-obatan terlarang lainnya, dan semua tim wajib menyelesaikan challenge dengan aman dan selamat.

Seluruh Tim Peserta telah menyelesaikan rangkaian Firefighter Fitness Drill (FFD) & Firefighter Combat Challenge (FCC) dengan baik dan lancar. Sebagai penutup, dilanjutkan dengan Coaching Clinic yang dilaksanakan di Gedung Theater Museum Batubara PTBA. Coaching Clinic terdiri dari materi pengembangan ERT yang disampaikan oleh Pertapindo, First Aid yang disampaikan oleh Pertapindo dan Product Overview yang disampaikan oleh sponsor.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Open chat
Halo Indonesia Fire and Rescue Challenge
Saya butuh bantuan informasi, apakah bisa dibantu ?
-
Akun Resmi IFRC
Indonesia Fire and Rescue Challenge
www.ifrcofficial.com